Review: Bedah Buku “Catatan Hati di Setiap Doaku”

catatan-hati-di-setiap-doaku

Minggu, 29 April 2013 saya menghadiri acara “Bedah Buku Catatan Hati di Setiap Doaku” yang ditulis oleh Asma Nadia di Sasana Krida Universitas Negeri Malang yang dimoderatori oleh salah satu trainer dari Nurul Hayat (lupa namanya ^_^). Acaranya sih tertulis jam 8.00 WIB, tapi molor 1 jam dan dimulai jam 9.00 WIB. Sejak berangkat dari rumah saya sudah memantapkan hati akan menjadi audience yang berada di deretan depan, tapi apa mau dikata deretan depan udah penuh dan harus rela duduk pada deretan ke tiga.

Sekilas tentang Buku Catatan Hati di Setiap Doaku, buku ini adalah edisi revisi dari Buku Catatan Hati di Setiap Sujudku yang juga di tulis oleh Asma Nadia dkk. Buku ini enak dibaca lho, kenapa? Karena penulis menggunakan bahasa yang memudahkan pembaca larut bersama alur cerita demi cerita yang disajikan dalam tiap bagiannya, bahasanya pun mudah dipahami. Pernah baca Chicken Shoup ga? Nah, gaya bahasanya mirip banget.

Apa sih yang diceritain? Bukan cerita fiksi lho pemirsa (ini yang paling menarik menurut saya), melainkan masalah sehari-hari yang mungkin pernah kita jumpai atau kita alami sendiri yang sudah pasti ada hikmah yang dapat kita petik. Setelah membaca buku ini saya jadi tahu kapan doa kita akan diijabah (waktu-waktunya itu lho ^_^) berdasarkan kisah-kisah berhikmah tadi.902782_294303767369390_1774488588_o

Buku ini diawali dengan tulisan Asma Nadia yang berjudul Catatan Doa Seorang Istri. Kisah tentang seorang istri yang sangat sabar dan setia walaupun suaminya selingkuh dengan wanita lain, bahkan terjerumus narkoba. Namun, sang istri yakin bahwa Allah tak selalu memberikan apa yang kita inginkan, tapi Dia yang Maha tahu apa yang kita butuhkan. Dan masih banyak lagi cerita menarik lainnya.

Pada waktu bedah buku, Asma Nadia hampir tidak pernah bercerita dan menjawab pertanyaan sambil duduk (padahal oleh panitia sudah disediakan sofa, sayaaaang kaaan?). Alhamdulillah dengan begitu saya bisa melihat beliau lebih dekat. Subhanallah, lebih cantik dan bersahaja daripada gambarnya.

Acara ini kembali membuka pengetahuan saya tentang betapa pentingnya sebuah doa dalam kehidupan seseorang. Asma Nadia menyampaikan beberapa kisah orang-orang yang bisa sukses atau menjalani kesulitan berkat doa yang mereka panjatkan. Beliau adalah seorang penulis terkenal dari Jakarta, menurut saya beliau sangat mahir merangkai kata melalui tulisan maupun verbal. Tulisan beliau sangat mudah dipahami dan serasa masuk hati ketika membacanya. Karya beliau juga telah menjadi inspirasi bagi banyak kaum wanita di Indonesia (terutama yang telah membaca tulisan Asma Nadia). Pada acara tersebut Asma Nadia memberikan ulasan-ulasan tentang karyanya, khususnya karya yang sedang menjadi tema dalam bedah buku ini. Pada saat presentasi Asma Nadia menggunakan media power point sehingga audience tidak merasa bosan, apalagi diselingi humor-humor ringan dalam memaparkan isinya.

Menurut saya, gaya Asma Nadia gaul dan bisa membaur dengan audience yang saat itu berasal dari berbagai kalangan, mulai dari ABG sampai kakek-nenek. Meskipun buku yang sedang diulas lebih condong menceritakan “perempuan” tapi tidak sedikit remaja laki-laki hingga kakek-kakek yang hadir pada saat itu. Pada sesi terakhir yaitu tanya jawab, Asma Nadia juga menjawab semua pertanyaan dengan cukup memuaskan (menurut saya). Maaf, jika tulisan saya terlalu banyak memuji Asma Nadia, karena saya belum menemukan kekuranngan pada diri beliau. Adapun ketika diajak foto bersama agak “jutek” menolak, itupun karena beliau risih dengan beberapa fans yang menyerbu (mungkin lhooo).

Semoga bermanfaat. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s